Investasi BCA

Rabu, 20 Desember 2017

Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Kencing Nanah dan Penyembuhannya - Gonore atau kencing bisul merupakan salah satu penyakit menular seksual yang biasa dan disebabkan oleh kuman bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria ataupun wanita bisa terjangkit penyakit ini. Kuman gonococcus lazimnya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi.


Kuman penyakit ini dapat menyerang dubur, servik (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Gonore paling sering kali menular melalui kekerabatan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tak dilapisi dengan kondom baru tiap digunakan, dan terkait seks tanpa menggunakan kondom. Bayi juga dapat terinfeksi saat pengerjaan kelahiran jika ibunya mengidap penyakit gonore dan lazimnya menjangkiti mata bayi, sampai berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Bakteri gonore tak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tak menular lewat dudukan kamar mandi, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, kecupan, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya terhadap pasangan mereka tanpa disadari.
Lazimnya lebih gampang untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingi wanita karena gejala awal pada wanita mungkin sungguh-sungguh ringan atau tidak begitu jelas sehingga kerap kali keliru dianggap sebagai infeksi organ intim wanita atau infeksi saluran kemih. Namun demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita seandainya tidak langsung diobati dan bisa menyebabkan perdarahan pada organ intim wanita, sakit pada perut bagian bawah, demam, dan sakit ketika melaksanakan hubungan seksual.

Gejala gonore yang kerap kali muncul, bagus pada pria ataupun wanita, di antaranya yaitu ketika buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti nanah berwarna kuning atau hijau dari organ intim wanita atau penis. Oleh sebab itu, penyakit ini diketahui dengan sebutan ‘kencing bernanah’.

Diagnosis Gonore

Ada beberapa metode untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir beberapa besar kasus, dokter akan menjalankan pengujian sampel cairan dari vagina atau penis untuk kemudian diperiksa di lab.
Pada wanita, dokter atau perawat biasanya akan memakai cotton bud untuk mengambil sampel cairan di organ intim wanita atau mulut rahim. Namun, dokter mungkin juga dapat meminta pasien untuk mengaplikasikan tampon guna mengambil sampel cairan tersebut. Prosedur ini tak menimbulkan rasa sakit, tapi pasien mungkin akan merasa sedikit tak nyaman. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air seni pasien untuk kemudian diperiksa akibatnya di lab. Pemeriksaan urin ini kurang akurat kesudahannya pada pasien wanita. Kecuali itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan mengaplikasikan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter umumnya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta memberi saran supaya Anda kembali lagi satu atau dua minggu sesudah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan mempertimbangkan kuman gonore sudah sirna sepenuhnya.
Gejala imbas kuman gonore akan membaik setelah beberapa hari jika dijalankan pengobatan yang efektif dan sesegera mungkin. Namun apabila dibiarkan, bisa menjadi masalah yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tak berkaitan seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah rupanya negatif.

Anda bisa terkena penyakit gonore kembali kalau tak melakukan relasi seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Metode terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual yaitu dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak menjalankan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom sekiranya menjalankan hubungan seks.

Demikian merupakan ulasan seputar Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya yg bisa de nature rangkumkan utk kita sekalian. Semoga review tersebut bermanfaat serta dapat menambah ilmu utk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar